Sebenarnya Saya Empat Kali jadi Menteri

Sebenarnya Saya Empat Kali jadi Menteri
Akbar Tanjung. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - AKBAR Tanjung adalah politikus tulen, dengan pengalaman terbilang lengkap. Dia menjadi menteri tiga periode pada era Orde Baru dan masa transisi reformasi. 

Mantan ketua umum Partai Golkar itu juga pernah menjadi ketua DPR. Setelah vakum dari pemerintahan, Akbar hingga kini masih aktif di dunia politik melalui Partai Golkar. Aktivitas lainnya adalah mengembangkan lembaga Akbar Tandjung (AT) Institute.

Dengan usia yang hampir memasuki 71 tahun, Akbar masih tampak sehat. Aktivitasnya juga masih padat. Selain masih menjabat ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar menjadi ketua Majelis Penasihat Kelompok Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). 

Mantan ketua umum PB HMI itu kerap hilir mudik ke berbagai daerah memenuhi undangan organisasi mahasiswa dan kepemudaan.

’’Mobilitas saya masih cukup tinggi. Misalnya, besok harus memenuhi undangan ke NTB (Nusa Tenggara Barat, Red),’’ ujar Akbar saat ditemui di kediamannya, Jumat (22/4).

Secara rutin, AT Institute hingga kini terus menggelar berbagai diskusi isu-isu terkini. Juga, menerbitkan jurnal serta buku tentang demokrasi. 

’’Lembaga ini saya dirikan untuk menjadi tempat belajar, mengembangkan pikiran-pikiran tentang demokrasi,’’ ujar pria kelahiran Sibolga, Sumatera Utara, itu.

Setelah lebih dari satu dasawarsa mendirikan AT Institute, cita-cita Akbar untuk mengembangkan lembaganya menjadi sekolah politik segera terwujud. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News