Hari Bumi: Di Balik Kenangan Megawati di Tahura Carita

Hari Bumi: Di Balik Kenangan Megawati di Tahura Carita
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (tengah), didampingi Sekjen Hasto Kristiyanto, Gubernur Banten Rano Karno dan Ketua DPP, Ribka Tjiptaning, saat memperingati Hari Bumi di Pandeglang. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - BANTEN - Pantai Carita di Kabupaten Pandeglang, Banten punya kenangan tersendiri buat Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Tak heran, saat peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April itu, Mega memberikan perhatian khusus dengan ikut langsung melakukan penghijauan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Pantai Carita, Minggu (24/4).

"Kita harus bersyukur ada peringatan Hari Bumi. Gerakan mencintai bumi ini tampaknya sederhana, namun kita harus belajar betapa ada bangsa-bangsa yang punah dan hilang seluruh peradabannya akibat merusak dirinya sendiri dengan tidak merawat bumi. Marilah kita lakukan reboisasi sebagai jalan kemanusiaan untuk bumi," kata Megawati.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang turut mendamping Megawati mengatakan Tahura Pantai Carita memang sangat khusus bagi Megawati. 

"Semasa kepemimpinan Ibu Megawati sebagai presiden kelima RI, beliau banyak mendorong lahirnya Taman Hutan Rakyat seperti di Pantai Carita yang diresmikan oleh Ibu Megawati pada tahun 2003. Begitu besar perhatian terhadap bumi, sehingga seluruh kepala daerah dari PDI Perjuangan banyak yang membuat kebun raya, atau pelestarian hutan lindung, karena menjalankan instruksi Ibu Megawati yang dikenal kepakarannya dalam persoalanan tanaman," papar Hasto.

Sementara dalam sambutannya, politikus PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning menegaskan bahwa pohon memang tidak punya hak pilih, namun pohon-pohon harus diselamatkan sebagai rasa cinta kepada Tanah Air. 

"PDI Perjuangan harus menjadi pelopor upaya penyelamatan dan menjaga lingkungan hidup dari keserakahan kapitalisme," ujar Ribka dengan penuh semangat.

Di acara yang sama, Gubernur Banten, Rano Karno, pun nampak bersemangat dan memuji karya penyelamatan lingkungan hidup yang dilakukan Megawati. "Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai Pelindung Yayasan Kebun Raya, terus berjuang menyelamatkan bumi dengan memperbanyak kebun raya di seluruh Indonesia," kata Rano. (adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News