Rayakan Hari Kartini, Ibu-Ibu Berebut Lele

Rayakan Hari Kartini, Ibu-Ibu Berebut Lele
Foto: Radar Kedu/JPG

jpnn.com - MAGELANG – Cara para ibu di Kampung Tidar Dudan, Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Selatan di Kota Magelang ini untuk memperingati Hari Kartini sungguh unik. Mereka beramai-ramai berebut lele, Minggu (24/4) sore.

Para ibu mencemplungkan diri ke kolam dalam acara bernama Gerebek Lele. Tak tanggung-tanggung, ada tiga kuintal lele dilepaskan untuk diperebutkan oleh ratusan ibu.
Dengan bersarung tangan, mereka berebut lele. Suasana pun jadi heboh karena yang diburu tidak sembarang lele. Tapi lele yang sebelumnya sudah ditandai dengan pita.

Air yang bercampur lumpur ternyata tak menjadi penghalang bagi ibu-ibu. Malah membuat suasana menjadi makin seru.

Patil lele pun tak membuat para ibu keder. “Saya sudah ikut dua kali ini, dan seru sekali saat dapat ikan besar. Ketakutan kena patil lele sudah nggak ada di pikiran. Yang penting asyik saja,” kata Hamidah (40) di sela-sela acara Gerebek Lele.

Acara Grebek Lele itu bukan hanya untuk peringatan Hari Kartini. Sebab, kegiatan itu juga dalam rangka hari ulant tahun Kota Magelang ke -1.110.

“Tahun lalu acaranya sukses. Jadi kita adakan lagi dengan biaya swadaya masyarakat,” ujar ketua panitia Mancing Bersama dan Grebek Ikan Lele, Tjatur Tri Jono.

Panitia juga melepas ratusan ekor nila. Menurut Tjatur, ikan hasil tangkapan peserta boleh dibawa pulang untuk dimasak.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito yang ikut hadir di acara itu menganggapnya sebagai sajian menarik. Ia bahkan berharap kegiatan itu bisa digelar secara rutin dan dikemas lebih baik. “Harus dikemas lebih menarik lagi,” ungkap Sigit.(put/lis/jpg/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News