Penting Diketahui Para Peminat Kursi PTN

Penting Diketahui Para Peminat Kursi PTN
Foto ilustrasi. Foto: Dipta/dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) 2016 sudah dimulai Senin kemarin (25/4). Masa pendaftaran ini dibuka sampai 20 Mei nanti. 

Panitia SBM PTN 2016 berharap, siswa segera mendaftar tanpa harus menunggu keluarnya nilai ujian nasional (unas) 2016.

Merujuk jadwal yang sudah dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), nilai unas 2016 baru akan diumumkan 7 Mei. Ketua Panitia SBM PTN 2016 Rochmat Wahab mengatakan, pendaftaran dan penilaian kelulusan SBM PTN tidak terpengaruh nilai rapor.     

''Kalau mau daftar, daftar aja. Sebaiknya menghindari penumpukan pendaftaran di akhir-akhir nanti,’’ katanya kemarin. 

Pria yang juga rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu mengatakan hingga tadi malam pukul 19.00 baru ada 9.073 pelamar permanen SBM PTN 2016. Disebut permanen karena mereka sudah membayar biaya pendaftaran SBM PTN sebesar Rp 200.000 per orang.    

Rochmat mengatakan dari total pelamar permanen SBM PTN 2015 itu, sebanyak 9.042 orang diantaranya sudah mencetak kartu peserta ujian tulis. 

Dia menjelaskan SBM PTN adalah saluran masuk PTN dengan basis ujian tulis. Sedangkan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) menggunakan kriteria nilai rapor untuk seleksinya.

Menurut Rochmat penilaian SBM PTN murni dihitung dari jawaban ujian tulis yang digelar 31 Mei nanti. Jadi dia meminta siswa tidak perlu menunggu untuk melihat nilai unas, baru mendaftar SBM PTN.

JAKARTA – Pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) 2016 sudah dimulai Senin kemarin (25/4). Masa pendaftaran ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News