5 hal ini Bisa Memicu Kejang

5 hal ini Bisa Memicu Kejang
Ilustrasi

jpnn.com - EPILEPSI adalah istilah umum untuk orang yang mengalami kejang. Penyakit itu biasanya didiagnosis setelah seseorang mengalami lebih dari satu kejang.

Penyebab epilepsi biasanya melibatkan bentuk cedera pada otak. Namun bagi kebanyakan orang, penyebab epilepsi masih tidak diketahui.

Namun, ada beberapa hal yang bisa memicu kejang, bahkan pada orang yang tidak memiliki kondisi neurologis. Berikut lima hal yang bisa memicu terjadinya kejang:

1. Stress.

Kejang yang dipicu oleh stres terlihat mirip dengan serangan epilepsi, terutama karena mereka bisa memiliki gejala mati rasa yang sama, kebingungan, kejang dan banyak lagi. Namun ada perbedaan dalam aktivitas listrik otak.

2. Gula darah rendah.

"Otak Anda adalah konsumen besar glukosa," kata assistant professor of neurology, Vikram Rao, MD, PhD, seperti dilansir laman Health, Minggu (24/4).

Ketika kadar gula darah Anda turun terlalu rendah, maka hipoglikemia otak mengalami kesulitan untuk berfungsi normal dan hasilnya bisa menjadi kejang.

EPILEPSI adalah istilah umum untuk orang yang mengalami kejang. Penyakit itu biasanya didiagnosis setelah seseorang mengalami lebih dari satu kejang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News