Borobudur itu Mutiara...Ayolaaah

Borobudur itu Mutiara...Ayolaaah
Eddy Susilo. Kepala Bidang Festival Pemasaran Asia Tenggara, Kementrian Pariwisata. Foto: Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - WONDERFUL INDONESIA Festival dihelat tiga hari berturut-turut sejak 22 hingga 24 April 2016 di Bangkok, Thailand. 

Tujuannya untuk mengenalkan kekayaan budaya dan potensi wisata Indonesia di negeri Gajah Putih. Sejauh mana capainnya? 

Di penghujung festival, jurnalis JPNN.com Wenri Wanhar mewawancarai Eddy Susilo, Kepala Bidang Festival Pemasaran Asia Tenggara Kementerian Pariwisata--sekaligus pimpinan delegasi kebudayaan Indonesia ke Thailand. Berikut petikannya... 

Setelah berlangsung beberapa hari ini, apa capaian yang diperoleh?

Eddy Susilo (selanjutnya disingkat ES): Capaiannya tidak bisa diukur sekarang. Apa yang kita lakukan ini kan tahapan untuk membranding ide dan gagasan supaya diterima. Minimal ide Borobudur itu kena dulu di orang Thailand. 

Pak Menteri Pariwisata Arif Yahya tempo hari memang mengatakan bahwa ikon Wonderful Indonesia di Bangkok kali ini adalah Borobudur, candi Budha terbesar di dunia. Mengingat 90 persen penduduk Thailand beragama Budha…

ES: Makanya kami menggaet bante-bante untuk membantu. Harapannya, melalui bante itu Borobudur masyarakat Thailand semakin kenal Borobudur. Dalam strategi pemasaran, ini sudah satu kemajuan.

Hari pertama ada talkshow tentang Borobudur. Bante-bante jadi pembicara. Berbahasa Thailand. Sayangnya pengunjung tidak maksimal. Apa evaluasinya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News