Pastikan Pasokan Listrik, LPG, BBM Aman saat Ramadan dan Lebaran

Pastikan Pasokan Listrik, LPG, BBM Aman saat Ramadan dan Lebaran
Menteri ESDM Sudirman Said. Foto Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said memastikan ketersedian pasokan energi Bahan Bakar Minyak (BBM), termasuk LPG dan listrik selama Ramadhan maupun Idul Fitri 1437 H, berada pada posisi aman.

Berdasarkan data tahun lalu pada periode yang sama, rata-rata konsumsi premium pada saat Idul Fitri akan meningkat sekitar 12 persen dibanding konsumsi harian, sedangkan konsumsi solar menurun sekitar 13 persen.

“Ketersediaan stok BBM mencukupi kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2016. Stok rata-rata di atas 25 hari," ujar Sudirman saat menghadiri Ratas di Istana Negara, Selasa (26/4).

Agar tidak terjadi gangguan distribusi BBM dan gas, pemerintah akan memastikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG. Serta meningkatkan pelayanan di SPBU. Kemudian bekerjasama dengan pihak Kepolisian/Dinas Perhubungan terkait langkah pengamanan terhadap pelaksanaan pendistribusian BBM dan LPG.

Sementara untuk kondisi listrik, selama periode lebaran 2016 pada H-15 sampai H+15, sistem kelistrikan Jawa-Bali, Sumatera dan Indonesia Timur kata Sudirman berada pada kondisi pasokan cukup.

Sedangkan untuk antisipasi bencana geologi, Kementerian ESDM membentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi. Tim ini akan merespon dengan cepat bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan 24 jam per hari untuk meningkatkan pemantauan gunung api secara cermat di beberapa gunung api aktif.

“Kami akan menugaskan pengamat gunung api dan petugas terkait yang dikoordinasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM untuk memantau aktivitas gunung api dan pergerakan tanah pada daerah-daeah rawan bencana," jelas Sudirman. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said memastikan ketersedian pasokan energi Bahan Bakar Minyak (BBM), termasuk LPG


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News