Makin Menggeliat, Kini Sudah Merambah Semua Lapisan

Makin Menggeliat, Kini Sudah Merambah Semua Lapisan
FAST Photo Club Biro Ternate. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - Pelan tapi pasti, geliat dunia fotografi merambah ke segala lapisan masyarakat. Melihat tingginya kecenderungan masyarakat terhadap dunia jeprat-jepret, maka menjamur lah grup fotografi, terutama di kalangan pengguna Facebook. FAST Photo Club merupakan salah satunya.

M Noval Kasman, Ternate

Komunitas ini didirikan oleh Hendra Lesmana, seorang wartawan ANTARA, pada 4 April 2011. Yang membedakan FAST dengan komunitas fotografi lainnya adalah grup ini tak membatasi jenis kamera penikmat fotografi untuk dipajang di dinding FAST.

”Bahkan dengan kamera ponsel pun bisa,” ujar Hilman Idrus, Koordinator FAST Biro Ternate.

Sebagai organisasi, FAST memberikan banyak peluang pembelajaran kepada anggotanya. Proses penambahan ilmu fotografi ini bisa ditemukan saat melakukan hunting bersama. Untuk menambah semangat berkarya, dalam kegiatan hunting bersama pun kerap diadakan lomba yang tujuannya merangsang anggota menghasilkan karya foto terbaik.

Komunitas ber-tagline Brings Brilliant Crazy Idea ini bahkan telah memiliki sebuah sekolah fotografi yang diberi nama Sekopi Tanah Air Kita.

Keanggotaan FAST dibagi menjadi dua kategori, yakni fotografer dan model. Hingga kini, telah terdaftar 1.911 fotografer di seluruh Indonesia, dan lebih dari 50 model yang tergabung dalam FAST. Dua kategori ini menjadi elemen penting ketika FAST melakukan aktivitas, baik di dunia fotografi maupun sosial.

Selain membentuk Biro Aceh, Palembang, Padang, Jambi, Jakarta, Karawang, Semarang, Yogyakarta, Bali, Ternate, Manado, Bontang, Papua, Majene, Lampung, Klaten, dan Pulau Buru, FAST juga telah memiliki biro di Taiwan, Hongkong, Malaysia, Jepang, Australia, Belgia dan Meksiko.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News