Ternyata, Hal ini yang buat Obama Tak Serang Korut

Ternyata, Hal ini yang buat Obama Tak Serang Korut
Barack Obama. Foto : AFP

jpnn.com - Provokasi Korea Utara dengan terus melakukan uji senjata nuklir mampu memancing amarah Amerika Serikat. Dalam wawancara dengan CBS News selasa (26/4) lalu, Obama mengeluarkan statement tegas.

”Kami bisa, tentu saja menghancurkan Korea Utara dengan senjata yang kami miliki. Tapi, selain mempertimbangkan nilai kemanusiaan, Korut juga berada di sebelah sekutu penting kami, Korea Selatan,” katanya dengan mimik serius.

Komentar Presiden yang pernah menimba ilmu di Jakarta itu disampaikan menyusul uji kapal selam dengan peluncur rudal nuklir Korut akhir pekan lalu. Diduga, hingga kini Korut memiliki enam sampaoi delapan hulu ledak nuklir. Bahkan, jika kapal selam mereka sukses diujikan, Korut akan memiliki kemampuan menembakkan rudal ke AS.

Untungnya, menurut Obama, AS telah meningkatkan kemampuan pertahanan rudal mereka. AS telah menempatkan sistem pertahanan rudal di sekeliling Korut untuk meminimalisir dampak serangan. ”Kami membuat tameng yang bisa menghadang ancaman tingkat rendah yang mereka lakukan,” jelas Obama yang akan pensiun tahun ini.

Saking kesalnya dengan Korut, Obama bahkan menyebut pimpinan Korea Utara, yakni Kim Jong-un sebagai sosok yang tidak bertanggung jawab dan aneh. (jpnn/pda)

Provokasi Korea Utara dengan terus melakukan uji senjata nuklir mampu memancing amarah Amerika Serikat. Dalam wawancara dengan CBS News selasa (26/4)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News