Catat nih! Tambahan Rute Penerbangan dari Juanda

Catat nih! Tambahan Rute Penerbangan dari Juanda
Bandara Juanda, Sidoarjo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA - Layanan penerbangan dari Bandara Juanda, Surabaya ke daerah luar Jawa ditambah. Salah satunya dari maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Maskapai ini mulai melayani penerbangan dari Surabaya ke Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), dan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pergi-pulang (PP).  

Layanan rintisan itu memotong penerbangan transit. Penumpang dari Juanda ke Berau langsung mendarat di Bandara Kalimarau, Tanjung Redeb. Waktu tempuhnya 2 jam 5 menit.

 ''Kami memfasilitasi wisatawan selam ke Pulau Derawan dan pekerja kelapa sawit yang banyak dari Jatim,'' jelas District Manager Sriwijaya Air Surabaya Hendrik Ardiansyah dalam Inaugural Penerbangan Perdana di Juanda.

Peluncuran rute pedalaman Surabaya-Berau berbarengan dengan penerbangan Cengkareng-Silangit (Toba) dan Surabaya-Labuan Bajo (via Denpasar). Penerbangan menggunakan armada anyar Boeing 737-900 ER berkapasitas 120 kursi. Jadwalnya tiga kali sepekan.

Hendrik mengungkapkan, selama ini penumpang dari Juanda ke Berau harus transit di Balikpapan. Lamanya waktu mampir terasa kurang efisien. ''Target keterisian kursi kami 80 persen. Alhamdulillah, penerbangan pertama ini lebih dari 5 persen,'' tutur mantan sales supervisor itu.

Co General Manager Angkasa Pura (AP) I Juanda Yudi Maisa mengakui bahwa tambahan penerbangan mengakibatkan Juanda makin overload. ''Banyak airline yang meminta kami membagi jam untuk rute tertentu. Kami bisanya di luar golden time pagi dan sore,'' jelas Yudi. Meski demikian, dia berharap penerbangan ke Berau maupun Labuan Bajo meningkatkan arus jasa dan barang.

GM Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav) Surabaya Nur Hasan juga mengakui, penerbangan di Juanda sangat padat. ''Di Juanda tercatat sekitar 400 pesawat take off dan landing. Termasuk padat karena single runway,'' ujarnya. (sep/c7/fat/flo/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News