Pelabuhan Penghubung Kawasan Terluar ini Rampung Dibangun

Pelabuhan Penghubung Kawasan Terluar ini Rampung Dibangun
Ilustrasi. Foto Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 2015 telah menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Tahuna, yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hemi Pamurahardjo menjelaskan, Pelabuhan Tahuna dibangun dengan menggunakan dana APBN Kementerian Perhubungan.

"Biayanya sebesar Rp 138,7 miliar, saat ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Seperti dermaga pelayaran rakyat, dermaga multipurpose, dermaga baru berukuran 100x20 m2. Ditambah perlebaran, trestle 4 yang berukuran 28,5x6 m2 ditambah perlebaran," ujar Hemi dalam siaran persnya, Rabu (27/4).

Hemi menambahkan, dermaga Pelabuhan Tahuna ini memiliki kapasitas sandar kapal berukuran 5.000 DWT. Sementara pada sisi darat Pelabuhan Tahuna juga dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti lapangan penumpukan berukuran 5.200 m², gudang, terminal penumpang, gedung perkantoran dan sejumlah fasilitas lainnya.

Selain mendukung sarana dan prasarana transportasi laut bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Pelabuhan Tahuna saat ini aktif mendukung kegiatan lalu lintas komoditas tumbuhan ekspor (kopra) tujuan Philipina, yang rutin setiap bulannya melalui laut.

"Dengan pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Tahuna ini akan  meningkatkan konektivitas masyarakat, khususnya masyarakat di pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain, seperti masyarakat di Pulau Sangihe," tandas Hemi. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 2015 telah menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Tahuna, yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sangihe,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News