20 Kapal Pesiar Akan Singgah di Pelabuhan Tanjung Emas

20 Kapal Pesiar Akan Singgah di Pelabuhan Tanjung Emas
Sebanyak 12 BUMN melakukan sinergi mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Jogja Solo dan Semarang. Foto Dok Humas Pelindo III

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III ikut serta dalam sinergi 12 BUMN, dalam mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar).

Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III Toto Heliyanto menjelaskan, peran dalam pengembangan pariwisata di kawasan Joglosemar akan dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Menurutnya, Pelabuhan Tanjung Emas merupakan pintu masuk wisatawan mancanegara pengguna sarana kapal pesiar. Tahun ini, direncanakan ada sekitar 20 kapal pesiar akan singgah di Pelabuhan Tanjung Emas.

"(Kapal pesiar-red) sekali datang bisa mencapai 2 ribu wisatawan mancanegara. Mereka biasanya ke Candi Borobudur," ujar Toto dalam siaran persnya, Rabu (27/4).

Selain itu, dukungan pengembangan pariwisata diwujudkan Pelindo III dalam bentuk revitalisasi pelabuhan. Sebelumnya, pelabuhan itu terkendala rob (limpasan air laut pasang). Namun kini kendala itu sudah bisa diatasi dengan teknologi sistem polder untuk mengeringkan.

"Pelindo III juga telah merevitalisasi terminal penumpang pelabuhan melalui berbagai penataan interior yang menyamankan para penumpang kapal laut," tandas Toto. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III ikut serta dalam sinergi 12 BUMN, dalam mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News