YUK, BERINVESTASI SBR002 di BCA

YUK, BERINVESTASI SBR002 di BCA
Ilustrasi. BCA for jpnn.com

jpnn.com - BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk membuat perencanaan keuangan demi mewujudkan kemapanan finansial di masa depan.  Misalnya dengan cara menabung secara konvensional (melalui rekening tabungan atau deposito) maupun berinvestasi. 

Untuk berinvestasi pun, saat ini  terdapat banyak pilihan instrumen investasi.  Sebut saja ORI (Obligasi Negara Ritel) dan SR (Sukuk Negara Ritel) yang berbasis kaidah Syariah. 

Namun sebagian kalangan masyarakat masih memiliki pemahaman yang keliru terhadap investasi melalui obligasi. Apalagi kalau bukan alasan uang. 

Banyak orang mengira untuk berinvestasi di obligasi harus memiliki banyak uang. Padahal kenyataannya, tidak semua jenis investasi obligasi membutuhkan uang dalam jumlah yang besar. Salah satunya adalah obligasi Savings Bond Ritel (SBR) atau kerap disebut juga dengan Sabri.

Obligasi Savings Bond Ritel (SBR)

Dilatarbelakangi keinginan untuk menggali sumber pembiayaan dari masyarakat dalam negeri dan keinginan Pemerintah memberikan alternatif pilihan instrumen investasi yang aman bagi masyarakat, sebagaimana Obligasi Negara Ritel (ORI) maupun Sukuk Negara Ritel (SR), pada 2 Mei 2014 lalu Pemerintah menerbitkan Savings Bond Ritel seri 001 (SBR001).  

Selain itu Pemerintah juga bermaksud membentengi masyarakat dari investasi “bodong” alias “abal-abal” yang merugikan masyarakat.

Savings Bond Ritel adalah instrumen utang terbaru yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) yang digunakan untuk membiayai anggaran pendapatan dan belanja negara.

BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk membuat perencanaan keuangan demi mewujudkan kemapanan finansial di masa depan.  Misalnya dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News