Kondisi Rusunawa Banyak Rusak, Begini Tanggapan Ahok

Kondisi Rusunawa Banyak Rusak, Begini Tanggapan Ahok
Basuki Tjahaja Purnama. Foto: Dokumen JONN

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengakui, masih banyak rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang kondisinya rusak atau cenderung tidak layak. Salah satunya adalah Rusunawa Marunda. 

“Makanya kalau bilang pintu rusak, kami perbaiki. Marunda kan proyek lama yang kurang baik, nah sekarang kami terus perbaiki. Kamu kalau bikin rumah baru kadang-kadang juga bisa rusak,” kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota, Jakarta, Kamis (28/4).

Meski demikian, Ahok memastikan, warga yang tinggal di rusunawa tidak perlu mengeluarkan uang pribadinya untuk memperbaiki fasilitas yang rusak. 

“Kami yang akan perbaiki. Kamu kan enak tinggal di sana,” ucap mantan Bupati Belitung Timur itu. 

Menurut Ahok, hal berbeda apabila masyarakat sewa rumah petakan. “Kalau ada jendela rusak, pintu rusak, kamu atau yang punya rumah yang perbaiki sendiri? Kamu perbaiki sendiri loh,” ujarnya.

Itu sebabnya, meski warga diminta untuk membayar uang pemeliharaan sekitar Rp 5-10 ribu sehari, namun mereka mendapat fasilitas yang jauh lebih baik. Misalnya saja Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Jakarta Sehat.

“Ada dokter lagi, anak Anda dapat KJP, naik bus tidak bayar,” ungkap Ahok. (gil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News