Pernyataan Penting Menpora terkait Masa Depan PSSI

Pernyataan Penting Menpora terkait Masa Depan PSSI
Imam Nahrawi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI untuk mencari ketua umum yang baru dipastikan segera digelar. Sebelum KLB digelar, kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, dalam waktu dekat dia akan segera mencabut SK 01307 Tentang Pembekuan PSSI. 

Dengan alasan, mereka akan patuh dengan keputusan Mahkamah Agung yang menolak upaya kasasi mereka sekaligus menyatakan bahwa SK pembekuan PSSI itu tidak lagi berlaku demi hukum. 

“Kami akan segera mencabut SK pembekuan PSSI dalam waktu dekat. Nanti akan saya umumkan,” kata Imam Nahrawi dalam jumpa pers yang dilakukan di kantor Kemenpora, siang kemarin (28/4). 

“Tapi, Pemerintah menyiapkan tahapan lanjutan strategis dari reformasi tata kelola yang tengah bergulir. Dan, itu akan ditempuh dengan dua cara yakni memastikan digelarnya KLB PSSI yang reformatif dan penyempurnaan regulasi pemerintah,” tegasnya.

Menurutnya, posisi pemerintah dalam rencana KLB tersebut hanya sebagai pengawas untuk memastikan kongres itu berjalan lancar. Sebab, KLB tersebut bukan ide dari pemerintah, melainkan datang langsung dari FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional). 

“Ini adalah keinginan FIFA. Dan, mereka akan membentuk komite independen untuk menggelar KLB nanti,” jelas Nahrawi.

Terkait perhelatan KLB tersebut, menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebutkan bahwa, harus segera diselenggarakan paling lambat tiga bulan kedepan. Nah, dalam kongres tersebut, diharapkan terpilihnya Ketua Umum PSSI yang baru serta para pengurus yang berintegritas dan memiliki semangat tinggi untuk membangun prestasi sepak bola tanah air.

Namun, ketika ditanya apakah pemerintah telah memiliki figur untuk dicalonkan sebagai Ketua Umum PSSI yang baru nanti? Nahrawi hanya bisa mengangkat bahu. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News