Polisi Harus Gunakan Teknologi Terbaru

Polisi Harus Gunakan Teknologi Terbaru
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SEMARANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menekankan pentingnya polisi menggunakan teknologi terbaru. Pasalnya, pekerjaan polisi yang semakin kompleks, dan modus-modus kejahatan yang semakin hari semakin canggih.

Hal ini disampaikan Yuddy Chrisnandi dalam kuliah umum di Akademi Kepolisian (AKPOL), Semarang, Jumat (29/04). 

"Untuk dapat mengatasi problema yang semakin kompleks, Polri bisa merekrut orang-orang yang memiliki kemampuan untuk mengingat wajah dan tidak akan melupakannya, robot yang dikendalikan oleh manusia yang dijadikan lini depan pertempuran, digital autopsy, corneal imaging, Quick DNA Profiling, 3D-ID, NYPD2020," ujarnya.

Menyikapi perkembangan teknologi informasi berkembang sangat pesat, Menteri Yuddy mengatakan, polisi haruslah mengantisipasinya dengan hukum yang mengaturnya. Hal ini penting, katanya, karena kepolisian merupakan lembaga aparat penegak hukum yang memegang peranan penting di dalam penegakan nilai-nilai dasar Tribrata dan Catur Pasetya.

Sebab tanpa adanya hukum yang mengatur dan lembaga yang menegakkan maka dapat menimbulkan kekacauan didalam perkembangannya.

Tahun 2016 ini POLRI memiliki dua inovasi yang masuk dalam TOP 99 SINOVIK yakni Panic Button on Hand, Polres Malang Kota dan SKCK Keliling Unit Pelayanan Satuan Intelkam, Polres Aceh Besar. 

"Inovasi itu tidak terlepas dari peran Teknologi Informasi, oleh sebab itu kita harus intens lagi mengenal Teknologi Informasi terutama di jajaran kepolisian," imbuhnya.

Pendekatan Pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan inilah yang akan membentuk sikap mental menuju karateristik Polisi Sipil dengan nilai-nilai dasar Tribrata dan Catur Prasetya.

SEMARANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menekankan pentingnya polisi menggunakan teknologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News