Kejaksaan Siapkan Eksekusi Mati, Inilah Persiapan Polisi

Kejaksaan Siapkan Eksekusi Mati, Inilah Persiapan Polisi
Kapolda Jawa Tengan Irjen Condro Kirono. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Polda Jawa Tengah sudah mulai mempersiapkan diri untuk pelaksanaan eksekusi tahap ketiga terhadap terpidana mati perkara narkoba. Persiapan itu karena besar kemungkinan eksekusi akan digelar di Pulau Nusakambangan yang berada di bawah wilayah hukum Polda Jateng.

Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono mengatakan, pihaknya dalam posisi mengunggu perintah eksekusi. Sebab, kewenangan tentang eksekusi ada di kejaksaan.

"Kita siap untuk menunggu perintah dari eksekutor, dalam hal ini kejaksaan untuk eksekusi," kata Condro ketika dihubungi dari Jakarta, Jumat (29/4).

Ditanya tentang jumlah personel yang disiapkan untuk pelaksanaan eksekusi mati, Condro belum bisa menyebut angka pasti. Sebab, hal itu juga tergantung pada jumlah narapidana yang akan dieksekusi.

"Semuanya siap, tergantung berapa yang mau di eksekusi. Biasanya satu orang terpidana mati disiapkan satu regu tembak," jelasnya.

Karenanya mantan kepala Korlantas Polri itu mengaku terus berkoordinasi dengan kejaksaan. Dengan demikian ketika perintah eksekusi keluar, regu tembak pun sudah siap sepenuhnya.

"Makanya kita sih prinsipnya siap, tinggal waktunya kapan. Mungkin Kapolda Jateng yang sebelumnya sudah koordinasi. Saya tinggal melanjutkan saja," katanya.

Tekait teknis persiapan, Condro menegaskan tidak ada hal-hal spesifik. Yang pasti ada dokter dari pihak kepolisian dan rohaniwan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News