Ibu Das, Sosok Perempuan Hebat

Ibu Das, Sosok Perempuan Hebat
Tri Dasmawati saat mengajar ABK. Foto: Jennifer Agustia/Jambi Independent

jpnn.com - SUNGGUH luarbiasa Tri Dasmawati. Perempuan ini sudah 22 tahun mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dengan penuh kesabaran, dia terus memompa semangat anak didiknya. Seperti apa kegiatannya?

JENNIFER AGUSTIA, Jambi

ANAK Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak-anak yang istimewa. Anak tunanetra misalnya. Di tengah berbagai kekurangan, mereka tetap memiliki semangat belajar yang tinggi.

Bagi anak yang normal, tentu akan lebih mudah menerima pelajaran. Namun, anak-anak tunanetra tidak bisa menikmati apa yang orang normal rasakan. Bahkan, untuk bisa membaca saja, harus mereka dapatkan dengan bersusah payah.

Tri Dasmawati, adalah guru kelas tunanetra di SLB Prof. Sri Soedewi. Dia sudah 22 tahun mengajar anak-anak berkebutuhan khusus, khususnya tunanetra. 

Perempuan kelahiran 1965 ini, sudah lama berkecimpung dan membimbing anak-anak tunanetra dari awal hingga mereka bisa membaca. Tentunya, tidak membaca menggunakan huruf latin, melainkan huruf braille.

Jambi Independent (Jawa Pos Group) beberapa waktu lalu berkesempatan masuk ke kelas yang diisi oleh tujuh orang siswa. Ruangan itu tak begitu besar, bisa dikatakan cukup sempit.

Anak-anak yang belajar di dalamnya adalah penyandang tunanetra. Ada yang tunanetra total, ada juga yang lovisen atau bisa melihat dengan menggunakan kacamata yang sangat tebal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News