Ini Pentingnya Menjaga Saluran Cerna Bagi Kesehatan Anak

Ini Pentingnya Menjaga Saluran Cerna Bagi Kesehatan Anak
Arif Mujahidin, Head of Corporate Affairs Sarihusada . Foto: sarihusada.com

jpnn.com - JAKARTA - Nutritalk diskusi kesehataan yang digelar di Jakarta membahas mengenai peran saluran cerna bagi kesehatan dan optimalisasi tumbuh kembang anak.

Sebagai bagian dari Danone ELN Indonesia, PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada) secara rutin mengajak blogger dan pemerhati kesehatan serta masyarakat umum untuk berdiskusi dan mengambil manfaat dari bincang kesehatan ini, dan Nutritalk kali ini mengambil tema ‘Dasar dan Pedoman Praktis Mengatasi Saluran Cerna Sensitif pada Anak’

"Nutritalk adalah forum diskusi yang diselenggarakan untuk menyebarkan pengetahuan kesehatan anak kepada masyarakat luas. Masyarakat diajak untuk meningkatkan pengetahuannya tentang peran saluran cerna bagi optimalisasi tumbuh kembang dan langkah praktis untuk mengatasi saluran cerna sensitif,” ujar Arif Mujahidin, Head of Corporate Affairs Sarihusada dalam sambutannya di Jakarta, Jumat (29/4).

Kesehatan saluran cerna adalah landasan kesehatan bagi setiap orang. Saluran cerna yang sehat akan mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak. Saluran cerna rentan atau sensitif terhadap gangguan, sehingga rentan pula menyebabkan anak gagal tumbuh. 

Saluran cerna memerlukan nutrisi yang tepat agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam mencerna dan menyerap makanan, begitu juga sebagai pertahanan terhadap beberapa gangguan saluran cerna seperti diare dan konstipasi. 

"Saluran cerna memiliki peran unik dan penting bagi kesehatan setiap anak, karena tidak hanya mencerna dan menyerap makanan tetapi juga sebagai pembatas antara ‘dunia luar’ dan ‘dunia dalam’ tubuh. Saluran cerna yang 40 persen selnya adalah jaringan limfoid yang merupakan sel sistem imun, maka perannya dalam mekanisme pertahanan tubuh secara keseluruhan menjadi sangat penting," ujar Dr. Badriul Hegar, Ph.D, SpA(K) dalam paparannya. 
 
Deteksi dini dan tata laksana akurat sangat diperlukan pada gangguan saluran cerna, agar kejadian berkepanjangan atau berulang tak terjadi. Diare dapat dicegah dengan memberikan ASI ekslusif, MPASI sesuai waktu dan kebutuhan bayi, menjaga kebersihan, dan imunisasi.  

Saluran cerna yang sehat berarti dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, tidak saja mencerna dan menyerap makanan, tetapi juga sebagai mekanisme pertahanan tubuh. ‎(dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News