Koarmabar Laksanakan Karya Bakti TNI di Kawasan Kalijodo

Koarmabar Laksanakan Karya Bakti TNI di Kawasan Kalijodo
Kasarmabar Laksamana Pertama TNI Yudo Margono (ketiga kiri) secara simbolis menyerahkan peralatan kepada warga masyarakat sebagai tanda dimulainya kegiatan karya bakti yang dilaksanakan di kawasan Kalijodo, Kelurahan Penjagalan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. FOTO: Dispen Koarmabar

jpnn.com - JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya Komando Armada RI  Kawasan Barat (Koarmabar) mengimplementasikan salah satu tugasnya berupa operasi militer selain perang (OMSP). Yakni melaksanakan karya bhakti TNI dan kegiatan sosial di kawasan Kalijodo, Kelurahan Penjagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Kegiatan ini melibatkan masyarakat dengan prajurit Koarmabar bersinergis dengan Pemda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan instansi terkait di wilayah Jakarta Utara. Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Karya Bakti Kita Perkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Barat (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono mewakili Pangarmabar Laksamana Muda TNI A. Taufiq R.

Dalam amanat tertulisnya, Pangarmabar mengatakan kawasan Kalijodo yang luasnya kurang lebih lima hektar merupakan kawasan padat penduduk yang ditempati oleh masyarkat pendatang dan penduduk yang sudah turun-temurun hidup di kawasan ini. Sebagai masyarakat yang sebagian besar bermata pencaharian pedagang, kuli, buruh yang relatif masih banyak masyarakat miskin.

“Dengan kondisi tersebut akan berdampak kerawanan terhadap pengaruh gejolak sosial. Oleh karena itu, diperlukan adanya komunikasi sosial antara lain TNI dengan masyarakat untuk mencegah masuknya pengaruh negatif serta meningkatkan kesadaran bela negara,” kata Pangarmabar seperti dilansir dalam siaran pers Dispen Koarmabar, Sabtu (30/4).

Selanjutnya, Pangarmabar mengatakan kegiatan karya bakti ini diharapkan dapat membantu mempercepat pembangunan sarana fisik dan nonfisik. Kegiatan tersebut juga akan memberikan pemahaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar dapat memelihara serta meningkatkan keeratan hubungan antara TNI dengan segenap komponen bangsa.

Ketua Panitia Pelaksana Kolonel Laut (KH) Yonedi Afnoziar, mengatakan materi kegiatan dalam karya bakti TNI Tahun 2016 ini meliputi kegiatan fisik yaitu bersama masyarakat melaksanakan kegiatan secara gotong royong kebersihan lingkungan, renovasi sarana ibadah, pengobatan umum dan penghijauan.

Sedangkan kegiatan nonfisik yaitu melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat guna meningkatkan rasa nasionalisme, wawasan kebangsaan, cinta Tanah Air dan meningkatkan kesehatan masyarakat serta meningkatkan ketrampilan masyarakat.(fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News