John Pieris: DPD Jaga Keseimbangan Kekuasaan Negara

John Pieris: DPD Jaga Keseimbangan Kekuasaan Negara
Ketua Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK) DPD RI John Pieris. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK) DPD RI John Pieris mengatakan isu Amandemen UUD 1945 yang bergulir dapat disosialisasikan dengan stakeholder di daerah. BPKK DPD juga berharap perkembangan penataan sistem ketatanegaraan Indonesia melalui Amandemen UUD 1945 yang saat ini bergulir di MPR RI bisa terlaksana.

“Oleh Karena itu, BPKK mendorong Pimpinan DPD RI untuk dapat memfasilitasi hal ini dan mohon dukungan dari anggota DPD seluruhnya,” ucap John saat menyampaikan Laporan BPKK pada Sidang Paripurna ke-10 DPD di Nusantara V Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (29/4).

Menurut John, ada tiga misi utama yang harus dijalankan. Pertama, rekonstruksi kewenangan DPD melalui Amandemen UUD 1945. Kedua, mengoptimalkan pelaksanaan fungsi legislasi, pengawasam dan penganggaran sesuai kewenangan yang ditetapkan UUD 1945 dan UU. Ketiga, memperkuat kapasitas pelaksanaan fungsi representasi yang mencakup penampungan dan penindaklanjutan aspirasi daerah.

“Hal ini sesuai dengan tujuan utama DPD dalam Renstra DPD 2015-2019 yaitu terwujudnya DPD sebagai salah satu lembaga negara yang berperan aktif dan menjaga keseimbangan dalam penyelenggaraan kekuasaan negara,” kata Senator dari Provinsi Maluku ini.

Selain itu, dalam pertemuan BPKK dengan lembaga pengkajian di MPR unsur Kelompok DPD pada tanggal 21 April 2016 telah menyepakati bahwa BPKK akan membangun komunikasi terpadu dengan anggota Badan Pengkajian dan anggota Lembaga Pengkajian utusan Kelompok DPD. Selain itu, penguatan kewenangan DPD harus dilakukan melalui perubahan UUD 1945 dan bukan melalui UU.

“Ketiga, DPD harus memiliki sikap yang tegas mengenai GBHN dan penguatan MPR serta tidak akan menjadi inisiator pengusul agenda Amandemen UUD 1945,” terang John.(fri/jpnn)


JAKARTA – Ketua Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK) DPD RI John Pieris mengatakan isu Amandemen UUD 1945 yang bergulir dapat disosialisasikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News