Resmikan Pasar Sarilamak, Puan Maharani Terharu

Resmikan Pasar Sarilamak, Puan Maharani Terharu
Menko PMK Puan Maharani, memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat di Sarilamak, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - PAYAKUMBUH - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani meresmikan Pasar Sarilamak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Sabtu (30/4).

Hadir dalam acara tersebut Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, serta anggota DPR RI Dapil Sumatera Barat Alex Indra Lukman.‎

‎Selain meresmikan pasar, Menko PMK juga menyerahkan bantuan di antaranya 300 paket bantuan sandang untuk keluarga penerima PKH, satu unit motor TRC, bantuan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Talago Biru, bantuan merek kepada lima Industri Kecil Menengah (IKM), bantuan design untuk lima IKM, bantuan makanan pendamping ASI, Alquran 60 buah, tiga mesin jahit dan tiga mesin bordir.

Ditambah lagi bantuan revonasi masjid dan musala yang rusak akibat bencana, bantuan renovasi bagi rumah tidak layak huni serta bantuan bagi warga jompo.‎ "Kami cuma berharap, bantuan pemerintah ini dimanfaatkan dengan baik," katanya.

Puan juga mengaku antusias saat tiba di lokasi. Sebab, meski cuacanya sangat terik, namun ribuan warga tidak merasa kepanasan dan tetap mengikuti rangkaian demi rangkaian acara. Termasuk penari yang menunjukkan kebolehannya menyambut kedatangan rombongan.

"Ini luar biasa, panas tapi semuanya tersenyum. Yang menari meski panas (juga) tidak cemberut. Saya terharu dan gembira. Ini pertemuan pertama, tapi Insya Allah bukan yang terakhir. Saya akan kembali, ibu-ibu yang menerima KUBE, (bantuan) masjid, mushola, KUR, itu nantinya akan saya tanya. Apa saja yang sudah dihasilkan," ujar Puan.‎

Sementara itu Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbin menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Menko PMK Puan Maharani. Kedatangannya diharapkan membawa perubahan sebagaimana yang dilakukan ibunda Puan Maharani, Megawati Soekarnoputri, saat menjabat sebagai Presiden RI, berikut kedatangan Presiden Joko Widodo belum lama ini. 

"Kami memang kabupaten yang jauh dari kota, tapi kami yakin kedatangan Bu Menteri akan membawa perubahan," kata dia.‎‎

Puan juga  menyempatkan diri berkunjung ke Pasar Atas Bukit Tinggi. Di pasar yang lokasinya berada di samping ikonik Kota Bukit Tinggi, yakni Jam Gadang, dia mendengarkan aspirasi pedagang sekaligus membeli beberapa pakaian khas Minangkabau. (adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News