Tiap Tahun, Kuota Beasiswa ke Argentina Hangus

Tiap Tahun, Kuota Beasiswa ke Argentina Hangus
Roberto Bala bersama murid-murid yang belajar Bahasa Spanyol. Foto: Mesya Muhammad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--‎Kedutaan Besar Argentina setiap tahunnya memberikan kesempatan kepada siswa Indonesia untuk menempuh pendidikan di Argentina, Spanyol, Meksiko, dan Chili. Hanya saja setiap tahun pula, kuota beasiswa yang ditawarkan tersebut hangus.

"Setiap tahun Kedubes Argentina memberikan tawaran beasiswa untuk siswa Indonesia. Syaratnya harus menguasai Bahasa Spanyol minimal DELE (serupa TOEFL) B1," ungkap Roberto Bala, pengajar di Lembaga Budaya Pusat Bahasa Universitas Trisakti (Usakti) dalam acara gathering pecinta bahasa dan budaya Spanyol-Amerika Latin, di Jakarta, Sabtu (30/4).

Hanya saja, lanjut Roberto, kuota 50 orang per tahun itu selalu tidak terpenuhi lantaran peminatnya kurang‎. Kalaupun ada peminatnya, syaratnya tidak terpenuhi. 

Dalam dua tahun terakhir, Usakti hanya bisa memenuhi dua orang per tahun. Itu sebabnya, kelas Bahasa Spanyol diperbanyak agar kesempatan menarik itu bisa digunakan siswa Indonesia.

"Menguasai Bahasa Spanyol sangat banyak keuntungannya. Bahkan selagi masih kuliah pun bisa nyambi ‎penerjemah dengan bayaran tinggi," ucapnya. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News