Memuliakan Guru Bukan dengan Uang

Memuliakan Guru Bukan dengan Uang
Guru upacara. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat pendidikan Indra Charismiadji mengatakan, selama ini ada yang salah dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Begitu juga, banyak kalangan salah menafsirkan tentang cara memuliakan guru.

"Banyak yang salah‎ paham dengan memuliakan guru. Yang terjadi justru guru dijadikan kaum dhuafa, yang nasibnya harus selalu dikasihani dan dihujani dengan uang," kritik Indra, Sabtu (30/4).

Bila cara ini tidak diubah, lanjut Indra, kualitas pendidikan di Indonesia tidak akan beranjak baik. Sebab melihat guru tidak dari kacamata kualitasnya,  tapi pada kesejahteraan.

"Saya melihat kualitas guru di Indonesia rata-rata masih di bawah. Kalau ingin memuliakan guru, harusnya meningkatkan kompetensi mereka dan bukan semata pada peningkatan gaji. Buat apa dibayar gaji tinggi, kalau kualitas gurunya rendah karena ini sama saja menghancurkan bangsa," paparnya.

Metode pelatihan guru pun diso‎rot Indra. Dari penilaiannya, pelatihan guru hanya jadi proyek semata. Guru mau ikut pelatihan kalau ada uang transportnya. 

Padahal pelatihan itu penting untuk peningkatan kualitas guru agar tunjangan yang diterima bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat umumnya, orang tua siswa khususnya. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News