Mengejutkan! Dari 3 Juta Guru, yang Berkualitas Hanya 10 Persen

Mengejutkan! Dari 3 Juta Guru, yang Berkualitas Hanya 10 Persen
Guru mengajar. Foto: ilustrasi dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--‎Ini ancaman bagi guru-guru yang tidak berkualitas. Sebanyak 5,5 juta calon guru dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) se-Indonesia siap menggeser posisi mereka. 

Saat ini jumlah guru di Indopnesia sekitar tiga juta orang. Dari tiga juta orang itu yang berkompetensi sedang dan tinggi hanya sekitar 10 persen. 

"Ini bukan fitnah loh ya, faktanya ada. Dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG), rata-rata guru PNS dan guru non PNS nilainya 56. Kalau di sekolah, nilai 56 itu tidak lulus," ujar Indra Charismiadji, pengamat pendidi‎kan, Sabtu (30/4).

Bila selama ini banyak kalangan berpendapat untuk  mengganti posisi guru PNS dan non PNS yang tidak berkualitas butuh waktu lama, menurut Indra, hal itu salah. Dengan adanya calon guru yang jumlahnya 5,5 juta orang, masalah kekurangan tenaga guru bisa terjawab.

"Memang mereka belum punya pengalaman. Tapi ingat, yang dibutuhkan Indonesia dalam memperbaiki mutu pendidikan adalah potensi atau kompetensi guru, bukan trackrecord. Untuk apa track record kalau kompetensinya kurang," ulasnya.

Indra menyarankan pemerintah mulai memikirkan kaderisasi guru berkualitas. Yang tidak berkualitas dan tidak bisa ditingkatkan kompetensi mulai diganti dengan tenaga guru baru. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News