Jadi ini Makna Rahasia Golok 7 Meter

Jadi ini Makna Rahasia Golok 7 Meter
Golok tujuh meter di Cilegon. Foto: Fandi Permana/JPNN.com

jpnn.com - CILEGON--Festival Golok Day Ramaikan Acara HUT Kota Cilegon Ke 17, Sabtu (30/4). Festival ini ditandai dengan didatangkannya Golok Ciomas sepanjang 7 meter yang konon di sebut memiliki kekuatan magis. Golok itu dibuat 2015 lalu.

 “Golok ini berada di sini hanya sekadar mendukung acara Festival Golok Day Cilegon, karena golok ini mencerminkan nilai religius Banten. Nanti malam juga sudah dibawa lagi ke Ciomas,” ujar KH Muhaimin Soleh, pengasuh Pondok Pesantren Sanabilil Huda dan pengarah Ritual Golok Ciomas.

Menurut Muhaimin, setiap instansi maupun pihak lainnya diperbolehkan untuk meminjam golok ini sebab kebudayaan Banten perlu diketahui oleh masyarakat luas.

“Filosofi golok sepanjang 7 meter ini artinya, tujuh hari tujuh kalimah toyyibah. Dan bahan baku dalam pembuatan golok Ciomas ini dengan lima besi artinya Pancasila. Semua pembuatannya unik,” katanya.Golok itu dibuat selama 100 hari. Bahkan pembuatnya harus berpuasa terlebih dahulu.

“Wajib kita hargai dan kita lestarikan. Ini juga telah mendapat penghargaan dari Muri,” katanya.

Golok itu pun menjadi primadona di festival tersebut. Banyak pengunjung berfoto di depan golok raksasa tersebut.

“Mumpung ada di sini, jadi kami tidak perlu jauh-jauh lagi ke Ciomas untuk melihatnya,” ujar Arifin, warga Kecamatan Cilegon. (mg5/JPNN)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News