May Day: Buruh di Bogor Malah Nyanyi Bareng Bupati

May Day: Buruh di Bogor Malah Nyanyi Bareng Bupati
Bupati Bogor bersama ketua DPRD dan Kapolres di acara peringatan Hari Buruh, Minggu (1/5). Foto: dok jpnn

jpnn.com - BOGOR – Peringatan Hari Buruh tanpa aksi demonstrasi juga terjadi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kaum buruh di wilayah ini memilih cara yang berbeda untuk memperingati May Day.

Buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Bogor memperingati Hari Buruh dengan donor darah di gedung Tegar Beriman. Ketua SPN Kabupaten Bogor Iwan Kusmawan menuturkan, peringatan tahun ini buruh memang ingin memberikan manfaat bagi masyarakat. "Salah satunya dengan kegiatan sosial," kata dia, Minggu (1/5).

Di tempat yang sama, ribuan buruh dari berbagai organisasi menghadiri acara panggung hiburan. Acara ini juga dihadiri seluruh unsur Muspida yang terdiri dari Bupati Bogor Nurhayanti, Ketua DPRD Ade Ruhandi, Kapolres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto.

Acara ini mempertontonkan keakraban buruh dengan usur pemerintahan setempat. Bahkan buruh tak segan mengajak para anggota Muspida untuk bernyanyi bersama di atas panggung. Mereka pun menyanggupi dengan menyanyikan dua buah lagu, yakni ‘Bongkar’ karya Iwan Fals dan ‘Tak Bisa Jauh’karya Slank.

Berbeda dengan tetangga mereka, buruh yang tergabung dalam SPN Kota Bogor memilih mengisi May Day dengan tetap berdemonstrasi. Mereka berangkat ke Jakarta untuk bergabung dengan ribuan buruh lainnya dalam aksi massa di kawasan Monumen Nasional.

“Kita ada 14 tuntutan, di antaranya mencabut PP No 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Bubarkan BPJS, tolak tenaga kerja asing, tolak tax amnesty dan hapus outsourching,” papar Ketua DPC SPN Kota Bogor Budi Mudrika. (rim/her/pojokjabar/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News