Cerdas! Tiga Guru Inspiratif di Daerah Terpencil

Cerdas! Tiga Guru Inspiratif di Daerah Terpencil
Tiga guru inovator dari daerah pedesaan dan terpencil saat menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (2/5). Mereka adalah Eko Purwanto, guru SDN Wonokerto, Magelang, Jawa Tengah serta Betty Sekarasih Hadi Yani dan Endah Susanti, guru SMAN 2 Playen Gunung Kidul, DI Yoyakarta. FOTO: Humas Kemendikbud RI

jpnn.com - JAKARTA – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (2/5), Microsoft Indonesia menghadirikan tiga guru inovatif dari wilayah Sub urban, yaitu Eko Purwanto, guru SDN Wonokerto, Magelang, Jawa Tengah serta Betty Sekarasih Hadi Yani dan Endah Susanti, guru SMAN 2 Playen Gunung Kidul, DI Yoyakarta. ‎

Eko Purwanto, sukses menggunakan Skype untuk memberikan materi sejarah Candi Borobudur kepada murid-muridnya melalui pembelajaran virtual. Sementara Betty Sekarasih Hadi Yani dan Endah Susanti berhasil memanfaatkan  e-rapport untuk mempermudah proses pemasukan dan analisa nilai siswa. 

Sekali pun bukan berasal dari daerah perkotaan, ketiga guru ini berhasil menembus permasalahan infrastruktur untuk menjadi contoh inspiratif bagaimana guru Indonesia dapat memanfaatkan teknologi dalam membangun sistem belajar mengajar yang lebih interaktif‎.

“Guru dan murid bisa melihat Candi Borobudur secara virtual. Saya pun bisa menjelaskan sejarah, stupa, dan relief Candi Borobudur. Hasilnya mereka sangat antusias dengan metode ini. Pertanyaan yang diajukan lebih banyak daripada kelas tatap muka. Proses belajar mengajar pun menjadi lebih interaktif," beber Eko, Senin (2/5).

Sementara Endah mengungkapkan, e-rapport membantu para guru di SMAN 2 Playen Gunung Kidul untuk memasukkan nilai siswa-siswi‎ lebih efisien. Karena sebelumnya, mereka memasukkan nilai siswa secara bergantian dengan guru lain karena sarana dan prasarana terbatas.

“Kami hanya membutuhkan waktu lima sampai 10 menit untuk memasukkan nilai siswa di mata pelajaran tertentu dengan menggunakan gadget masing-masing," tandas Endah yang diaminkan Betty.(esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News