Dukung KEK Selayar, Ini Langkah Pertagas

Dukung KEK Selayar, Ini Langkah Pertagas
Pemaparan Rencana Pembangunan Selayar di Kantor Wapres, Senin (2/5). Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTA – Kabupaten Selayar dinilai memiliki potensi besar untuk berkembang pesat. Hal itu terlihat dalam acara Pemaparan Rencana Pembangunan Selayar di Kantor Wapres, Senin (2/5).

Dengan potensi alam dan posisi yang sangat strategis, daerah yang selama ini belum tersentuh secara maksimal tersebut harus mendapat perhatian khusus.

“Selayar punya semua potensi untuk menjadi pusat distribusi di Kawasan Timur Indonesia. Keinginan serius pemerintah daerah layak diapresiasi dan diperjuangkan,” ujar staf khusus Wapres HM Alwi Hamu.

Menurut Bupati Selayar Basli Ali, daerahnya saat ini memiliki tiga keinginan kuat yang menjadi program prioritas. Selayar bisa menjadi Pusat Distribusi Logistik, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata, dan Pusat Industri Perikanan Terpadu.

Untuk mempercepat program tersebut, selain aktif bertemu langsung dengan kementerian dan BUMN terkait, Pemkab Selayar juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas awal. Masalah pembebasan lahan kini tak lagi menjadi kendala. Mereka sudah memiliki area yang siap dibangun.

“Untuk KEK Pariwisata kami punya lahan 400 hektare. Untuk industri logistik maritim kami sudah menyiapkan lahan 3000 hektare. Sementara untuk terminal energi sudah ada lahan 2000 hektare. Investor tinggal membangun, kami akan memberikan dukungan penuh,” sebut Basli

Masalah energi memang menjadi salah satu perhatian. Banyak proyek besar yang gagal karena ketidaktersediaan energi yang memadai. Pemkab Selayar sudah mengantisipasi hal tersebut. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Pertamina PGN-Pertagas untuk membangun terminal gas di Selayar.

Mengenai kerja sama ini, Pertagas yang diwakili Herman Susilo mengaku siap mendukung penuh program tersebut. Rencana pembangunan terminal gas tengah dimatangkan. Diharapkan tak ada kendala berarti sehingga proses pembangunannya bisa dilakukan dalam waktu cepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News