Keris Ini Harganya Rp 6 Juta, Pesanan Mahasiswa

Keris Ini Harganya Rp 6 Juta, Pesanan Mahasiswa
SELESAIKAN PESANAN: Mangku Mudra sedikit lagi menyelesaikan pesanan keris termahalnya, senilai Rp 6 juta. Foto: IB INDRA PRASETIA/Bali Express

jpnn.com - NAMANYA cukup moncer di Klungkung, Bali, sebagai pembuat keris ternama. Ya, dialah  Mangku Pande Ketut Mudra asal banjar Pande desa Kamasan kecamatan Dawan. Dari tangannya, lahir keris berkualitas yang banyak dipesan orang.

IB INDRA PRASETIA, Amlapura 

SUARA pukulan besi sudah terdengar kelentang-kelentong dari pinggir raya jalan Gunaksa. Di lokasi tersebut sudah tampak sebuah kios berdiri dengan aneka koleksi keris. 

Saat disanggongi Bali Express (Jawa Pos Group), di kios milik mangku Pande Ketut Mudra, itu sedang tidak ada yang berjaga. Seluruh petugas kios termasuk Mangku Mudra sedang sibuk membuat keris di bengkelnya. 

Letaknya sekitar 10 meter dari lokasi kios. Sedangkan, anak buahnya sibuk memukul besi yang sudah dipanaskan dan akan dijadikan keris juga.

Di bengkel yang cukup luas itu, Mangku Mudra bersama dua anak buahnya sedang menggarap sebuah keris senilai Rp 6 juta. 

”Ini yang mesan mahasiswa, mau dipakai pribadi untuk meningkatkan spriritualnya dia,” ujar Mangku Mudra sambil asyik memotong bagian keris yang tidak perlu.

Kebetulan, saat pembuatan keris, ada seorang mahasiswa dari Unud yang sedang mengambil skripsi tentang keris. Mahasiswa itu tampak merekam aktivitas pembuatan keris sekaligus yang memesan keris yang harganya termahal di kios itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News