Peminat Sekolah Ikatan Dinas Ternyata Wow...Ini Datanya

Peminat Sekolah Ikatan Dinas Ternyata Wow...Ini Datanya
ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com - JAKARTA – Sekolah ikatan dinas nampaknya masih menjadi magnet tersendiri bagi siswa – siswi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Antusiasme para pelajar yang ingin masuk dalam Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) terlihat dari besarnya jumlah pendaftar di setiap harinya.

Hingga tanggal 26 April 2016, tercacat sebanyak 204.812 siswa-siswi yang melakukan pendaftaran. Jumlah pendaftar yang mencapai angka ratusan ribu tersebut didominasi oleh para pelamar yang memilih Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) sebanyak 116.339.

Dari tujuh LPID yang tengah membuka pendaftaran tinggal dua instansi yang masih membuka pendaftaran. Yakni Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (AIM dan POLTEKIP) masih membuka pendaftaran 4 Mei 2016, dan Kementerian Perhubungan (STTD) hingga 27 Mei 2016.

Sejumlah institusi yang sudah menutup registrasi pendaftaran, antara lain Lembaga Sandi Negara (STSN), Kementerian Keuangan (PKN STAN), dan Kementerian Dalam Negeri (IPDN). Jumlah pendaftar dari ketiga instansi yang sudah menutup pendaftaran tersebut meningkat cukup signifikan jika dibandingkan pada awal pembukaan.

Berdasarkan data dari Panseldikdin jumlah pendaftar pada instansi Lembaga Sandi Negara (STSN) hingga 26 April sebanyak 3.952 orang. Sedangkan untuk Kementerian Keuangan (PKN STAN) terdapat 116.339, dan untuk Kementerian Luar Negeri (32.391).

Sementara itu, Badan Metereologi, Krimatologi dan Geofisika (STMKG) membuka pendaftaran hingga 29 April lalu dan Badan Pusat Statistik (STIS) tanggal 30 April 2016.

Penerimaan peserta sekolah ikatan dinas tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun 2016, pendaftaran dilakukan secara online melalui portal panseldikdin.menpan.go.id.

Dengan adanya sistem pendaftaran terpadu ini, maka tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu.

JAKARTA – Sekolah ikatan dinas nampaknya masih menjadi magnet tersendiri bagi siswa – siswi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News