Ini Alasan ICMI Mendukung MPR Menyelenggarakan Sidang Tahunan

Ini Alasan ICMI Mendukung MPR Menyelenggarakan Sidang Tahunan
Ketua Presidium ICMI Prof. Jimly Asshiddiqie didampingi Sekjen ICMI Jafar Hafsah menemui Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang di Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Selasa (3/5). FOTO: Humas MPR RI

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Presidium ICMI Prof. Jimly Asshiddiqie didampingi Sekjen ICMI Jafar Hafsah menemui pimpinan MPR. Organisasi kaum cendekiawan Muslim itu diterima oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang di Lantai 9, Gedung Nusantara III, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Selasa (3/5).

Dalam kesempatan itu, Jimly mengatakan pengurus ICMI di pusat dan daerah saat ini sangat antusias dalam menjalankan roda organisasi. Pengurus ICMI yang beragam latar belakang meyakini bahwa keintelektualan diperlukan untuk menjawab kemajuan jaman.

“Kita tak boleh larut dalam suasana demokrasi sehingga penguasaan ilmu sangat penting,” ujar Jimly.

Menurut Jimly, ICMI sangat bergembira ketika MPR mempunyai badan dan lembaga pengkajian. Dirinya mengungkapkan sejak dulu mendorong MPR agar memiliki badan dan lembaga pengkajian dan menyerap serta melibatkan banyak pikiran dari masyarakat sehingga MPR hadi tak hanya sebagai representatif politik dan daerah namun juga general representatif.

Mantan Ketua MK ini berharap agar MPR menempati kembali posisinya sebagai lembaga yang mempunyai wibawa intelektual dan politik. “MPR merupakan wakil kepentingan dari seluruh rakyat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jimly mendukung MPR untuk menyelenggarakan Sidang Tahunan. Ini diperlukan agar MPR mengikuti tertib sistem ketatanegaraan. Dengan menyelenggarakan Sidang Tahunan maka posisi MPR menjadi jelas sebab diakui sekarang banyak lembaga negara namun rakyat tidak tahu apa fungsi dan wewenang lembaga-lembaga negara itu.

“MPR harus diberi posisi yang mantap untuk menyelenggarakan Sidang Tahunan,” ujarnya.

ICMI selain mendukung MPR melaksanakan Sidang Tahunan pada Agustus yang akan datang, organisasi itu juga mendukung MPR membuat haluan negara. Untuk itu ICMI siap memberi masukan.(Adv/fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News