Kementerian PUPR Alokasikan Rp 5,78 Triliun Bangun Rusun Strategis

Kementerian PUPR Alokasikan Rp 5,78 Triliun Bangun Rusun Strategis
Rusun. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA –Direktorat Rumah Susun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan KemenPUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,786 triliun untuk membangun lima rumah susun (rusun) strategis. Kelima rusun strategis dibangun di Kemayoran sebanyak dua lokasi, Pasar Rumput, Pasar Minggu dan Pondok Kelapa.‎

“Kementerian PUPR berencana membangun Rusun sewa tingkat tinggi dengan jumlah anggaran Rp 5,786 triliun dalam kontrak tahun jamak mulai 2016 hingga 2018,” ujar Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Christ Robert Marbun,  Selasa (3/5).

Menurut Robert, selama tiga tahun ke depan setidaknya ada lima rusun tingkat tinggi yang akan dibangun yakni Rusun Pasar Rumput di Jalan Sultan Agung, Pasar Rumput, Manggarai Jakarta Selatan (2 tower), Rusun Pasar Minggu di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan (3 tower), Rusun Pondok Kelapa di Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur (2 tower) dan Rusun Kemayoran di Blok C2 (3 tower) dan Blok D10 (7 tower) Kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.  Rusun yang akan dibangun tersebut akan memiliki ketinggian bervariasi mulai dari 12 lantai hingga 32 lantai. 

“Total tower yang akan dibangun sebanyak 17 tower dengan ketinggian mulai dari 12 hingga 32 lantai. Jumlah total unit dari lima rusun tersebut sekitar 11.196 unit,” terangnya.

Robert menjelaskan, saat ini progres pembangunan rusun tersebut ada yang masih dalam proses lelang maupun sudah memasuki tahap pengosongan area pembangunan serta pembangunan mock up show unit. Sedangkan peruntukkan rusun Kemayoran sementara disiapkan untuk wisma para atlet serta jurnalis media yang akan hadir pada kegiatan olahraga ASIAN Games mendatang. 

Setelah ASIAN Games selesai rencananya Rusun Kemayoran akan diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sedangkan Rusun Pasar Minggu dan Rusun Pasar Rumput untuk relokasi warga yang terkena relokasi penataan Sungai Ciliwung dan peremajaan pasar dan Rusun Pondok Kelapa untuk pegawai negeri sipil.

“Untuk Rusun Pasar Minggu dan Pasar Rumput kami sudah melakukan MoU dengan Pemda DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya juga tengah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Rencananya ground breaking akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang,” tandasnya.‎ (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News