Ada Apa Rizal Ramli Tinjau Lokasi Reklamasi?

Ada Apa Rizal Ramli Tinjau Lokasi Reklamasi?
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli (kemeja putih tengah) meninjau lokasi reklamasi Teluk Jakarta, Pulau C. Didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Foto Andrian Gilang/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli hari ini meninjau lokasi reklamasi Teluk Jakarta, Pulau C dan D. Rizal tak sendiri, dia didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Kami mendatangi lokasi reklamasi karena ingin melihat kondisi yang sesungguhnya," kata Rizal di saat sampai lokasi reklamasi, Rabu (4/5).

Menurutnya, reklamasi merupakan suatu hal yang biasa di setiap negara. Risiko pasti ada, misalnya saja terhadap lingkungan hidup dan kemungkinan banjir. Itu sebabnya, sambung Rizal, planning dan tata ruang harus dilaksanakan dengan sangat baik.

Menteri yang mendapat julukan 'Rajawali Ngepret' itu menjelaskan, ada tiga kepentingan terkait reklamasi. Pertama adalah negara. Kemudian, kepentingan rakyat dan publik, termasuk nelayan. Terakhir, kepentingan bisnis dan komersial.  

Rizal menambahkan, negara memiliki peranan penting untuk mengontrol tiga kepentingan itu. Dengan cara membuat aturan dan undang-undang yang harus dilaksanakan, termasuk oleh pengembang.

"Negara yang atur dan kita enforce. Kalau enggak, mau jadi apa negara kita jika semua diatur swasta? Swasta bisa seenak-enaknya," ‎ungkap Rizal. (gil/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli hari ini meninjau lokasi reklamasi Teluk Jakarta, Pulau C dan D. Rizal tak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News