Blusukan ke Sentra Gerabah Banten, Ini Aspirasi Warga

Blusukan ke Sentra Gerabah Banten, Ini Aspirasi Warga
Ketua MPR Zulkifli Hasan blusukan ke sentra pengrajin gerabah di Desa Bumi Jaya, Serang, Provinsi Banten, Rabu (4/5). FOTO: Humas MPR RI

jpnn.com - SERANG – Rangkaian Safari Kebangsaan Merajut Kebhinnekaan bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan di Serang Provinsi Banten, Rabu (4/5) diisi dengan blusukan ke sentra pengrajin gerabah di Desa Bumi Jaya, Serang, Provinsi Banten.

Saat melihat-lihat kerajinan di sentra tersebut, Ketua MPR bertemu para pengrajin gerabah.  Kepada Ketua MPR, para pengrajin mengeluhkan soal pemasaran dan permodalan gerabah yang dirasakan sangat sulit.

Ketua MPR mengatakan bahwa kerajinan rakyat di Serang sangat bagus. Diakui Zulkifli, masalah permodalan dan pemasaran memang menjadi masalah klasik sentra-sentra kerajinan rakyat.

Menurutnya, sebenarnya masalah itulah yang harus menjadi perhatian kepala daerah dan anggota dewan baik pusat dan daerah. Pemerintah daerah harus memfasilitasi sektor pemasaran UKM dengan membuat pameran, workshop dan membuat promosi kerajinam rakyat daerah.  Pemerintah daerah harus mengupayakan pertenuan antara penjual dan pembeli kerajinan.  Pemerintah daerah juga bisa membeli produk kerajinan untuk kepentingan daerah misal untuk taman-taman atau interior dan eksterior bangunan pemda.

Mengapa pemerintah daerah harus melakukan itu? Menurut Zulkifli, karena rakyat adalah sangat berdaulat.  Rakyat berkuasa memilih kepala daerah, anggota dewan daerah dan pusat.  Jangan sampai ketika terpilih rakyat kemudian dilupakan.

“Itu sama saja berkhianat kepada rakyat,” katanya.

Menurutnya, kepala daerah, anggota dewan sejatinya adalah pelayan rakyat.  Mereka harus mendengarkan rakyat. Mendengarkan keluhan rakyat dan berupaya.semaksimal mungkin menyelesaikan masalah tersebut.

“Untuk soal permodalan banyak sekali lembaga keuangan yang bersedia memberi pinjaman lunak tapi harus ada pendampingan," imbuhnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News