Ini Sisi Positifnya, Jika Risma Maju Pilkada DKI

Ini Sisi Positifnya, Jika Risma Maju Pilkada DKI
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Foto Dok Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Langkah PDI Perjuangan dinilai cukup baik, bila nantinya benar mengusung Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Paling tidak menurut Caretaker Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Girindra Sandino, langkah itu bisa memberi warna baru. Karena selama ini sangat minim kaum hawa yang diusung tampil pada pilkada DKI. Padahal, banyak yang berprestasi gemilang.

"‎Jadi Pilkada DKI Jakarta menurut saya, harus menjadi momentum politik kaum perempuan untuk ikut tampil maju dalam kontestasi demokrasi di tingkat lokal," ujar Girindra di Jakarta, Rabu (4/5).

Selain itu, juga sebagai ‎momentum membuka jalan lebih lebar bagi peran perempuan dalam bidang politik‎. Girindra mendasari pandangannya, berdasar sejumlah kenyataan. Contohnya pada pilkada 2015 kemarin, partisipasi kaum perempuan masih sangat rendah.

"‎Hanya ada sekitar tujuh persen perempuan yang terdaftar dari total 1.614 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memenuhi syarat," beber Girindra.

Artinya, kondisi tersebut kata Girindra, memperlihatkan representasi perempuan dalam pilkada serentak 2015 masih jauh dari harapan, untuk bisa menduduki jabatan eksekutif. Bahkan tak tertutup kemungkinan berpengaruh langsung terhadap kebijakan yang pro terhadap kaum perempuan

"Jadi gerakan perempuan harus menangkap fakta dan realitas politik ini, sebagai sebuah agenda politik gerakan perempuan merebut kekuasaan," ujar Girindra.(gir/jpnn)

JAKARTA - Langkah PDI Perjuangan dinilai cukup baik, bila nantinya benar mengusung Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sebagai calon gubernur DKI


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News