Gerak Rini Soemarno Tak Henti Support Pariwisata Banyuwangi

Gerak Rini Soemarno Tak Henti Support Pariwisata Banyuwangi
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Gerak Menteri BUMN Rini Soemarno untuk menopang pengembangan pariwisata pun tak berhenti. Setelah menugaskan 12 BUMN memajukan wisata Joglosemar, pada Senin lalu (28/4), Menteri Rini kembali menugaskan BUMN raksasa untuk ikut membangun pariwisata di Banyuwangi.

Untuk urusan ini, Rini menunjuk PT Pertamina (Persero) dan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) sebagai leadernya. Kedua BUMN itu akan memainkan peran sebagai koordinator program "BUMN Mengabdi Untuk Negeri" di Banyuwangi.

Direktur Utama PT Patra Jasa, anak perusahaan Pertamina, Muhammad Haryo Yunianto menyatakan, bahwa program yang dilakukan beberapa BUMN tersebut akan disesuaikan dengan program-program yang telah dicanangkan Pemkab Banyuwangi. 

"Ada dua hal yang akan dilakukan oleh BUMN. Pertama pengurangan angka kemiskinan. Hal lainnya adalah pembangunan infrastruktur pariwisata,," terang Haryo, Jumat (29/4).

Untuk pembangunan infrastruktur pariwisata, ada sejumlah kawasan yang sudah mulai dibidik. Taman Nasional misalnya. Kawasan itu, menurut Haryo akan disinergikan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Tak hanya berupa jalan, tetapi fasilitas penunjang seperti wc portable dan lain sebagainya juga akan dilengkapi. Selain itu, BUMN juga akan menggencarkan promosi pariwisata Banyuwangi.

"Pariwisata Banyuwangi akan dipromosikan di bilboard yang dimiliki BUMN secara bergantian. Misalnya, di Bandara Ngurah Rai Bali," katanya.

Bupati Banyuwangi mengaku senang dengan komitmen BUMN tadi. Keterlibatan BUMN, menurutnya bisa mengurangi angka kemiskinan Banyuwangi yang saat ini ada di angka 9.29 persen. Baginya, semangat Indonesia Incorporated yang dibangun merupakan strategi jitu untuk membangun Indonesia. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News