Tas Kulit IPHONE Lebih Kondang Dibanding HP iPhone

Tas Kulit IPHONE Lebih Kondang Dibanding HP iPhone
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - BEIJING - Pengadilan Tinggi Beijing memutuskan Apple Inc tak bisa membuktikan bahwa merek iPhone untuk telepon genggam mereka, lebih terkenal dibandingkan merek Iphone untuk produk tas kulit bikinan Xintong.

Ya, di Tiongkok, masyarakatnya lebih mengenal Iphone untuk tas kulit dibanding iPhone untuk handphone. Apple Inc sepertinya harus memikirkan nama baru untuk iPhone yang beredar di Tiongkok. 

"Apple Inc. gagal membuktikan bahwa merek iPhone miliknya sudah dikenal luas oleh masyarakat dan publik, sebelum produsen kerajinan kulit itu mematenkan merek produknya dengan nama Iphone,” terang People’s Daily, media cetak yang menjadi corong Partai Komunis Tiongkok (PKT), kemarin. 

Sebenarnya, penulisan dua merek tersebut berbeda. Apple menulisnya dengan iPhone. Sementara itu, Xintong mengecap produknya dengan tulisan IPHONE. 

Xintong Tiandi mencatatkan nama tersebut sebagai merek dagang pada 2010. Tapi, perusahaan itu memasarkan produknya sejak 2007. Sementara itu, Apple Inc. baru merambah pasar Negeri Panda tersebut pada 2009. Saat itu, secara de facto sudah ada Iphone milik produsen casing ponsel, tas tangan, dan dompet kulit tersebut. Maka, saat Apple Inc. menggugat Xintong Tiandi pada 2012, Tiongkok menganggapnya aneh.

Terbukti, pada tahun itu juga, Pengadilan Tiongkok memenangkan Xintong Tiandi. Tak mau menyerah, Apple Inc. naik banding. Pada tahun berikutnya, putusan pengadilan di atasnya tetap sama. Yakni, iPhone tidak terlalu populer di Tiongkok sampai Xintong Tiandi mematenkan Iphone. Tapi, bukan Apple Inc. jika mau menyerah begitu saja. Perusahaan tersebut kembali naik banding dan lagi-lagi kalah.

Pada kekalahannya yang terakhir kemarin, Apple Inc. tidak langsung memberikan tanggapan.

”Xintong Tiandi bisa tetap menggunakan Iphone sebagai merek dagangnya,” terang pengadilan seperti dilansir Legal Daily, buletin resmi Kementerian Kehakiman Tiongkok. (afp/reuters/bbc/hep/c6/any/adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News