Jasa Marga: Volume Kendaraan di Luar Prediksi

Terpaksa Terapkan Contra Flow

Jasa Marga: Volume Kendaraan di Luar Prediksi
Jasa Marga: Volume Kendaraan di Luar Prediksi

jpnn.com - JAKARTA - Assistent Vice President Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengungkapkan, pihaknya dan Polri resmi menerapkan sistem contra flow‎ di Tol Cikampek, Kamis (5/4) pukul 09.45 WIB.

"Contra flow mulai diberlakukan dari kilometer 35 sampai kilometernya 41 arah Cikampek," ujar dia saat dikonfirmasi, Kamis (5/55).

Manurut Heru, penerapan contra flow disebabkan naiknya volume kendaraan yang signifikan. Bahkan, peningkatannya jauh dari target yang diprediksi oleh Jasa Marga dan Polri.

"Prediksi Jasa Marga hanya sampai 106.594 kendaraan. Tapi ini lebih, totalnya ada 108.947 kendaraan," jelasnya.

Heru melanjutkan, seperti di rest area di kilometer 39. Penumpukan kendaraan terjadi di sana lantaran pengemudi berbondong-bondong hendak memasuki rest area. Bahkan pengemudi ada yang mengambil lajur paling kanan untuk memasuki rest area.

"Sehingga harus diberlakukan co‎ntra flow sebelum laju kendaran benar-benar berhenti total," imbuhnya.

Sebelumnya, lanjut dia, pihaknya sudah memberlakukan sistem buka tutup di rest area kilometer 19, kilometer 33, dan kilometer 57. Namun, sistem buka tutup tidak membuahkan hasil sehingga pihaknya memilih menerapkan sistem contra flow. 

"Puncak lalu lintas ini juga melebihi arus libur pada 23 Desember 2015 yang hanya 107.071 kendaraan," tandasnya. (Mg4/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News