Ratusan Pegawai NYT dan Google Diberhentikan

Ratusan Pegawai NYT dan Google Diberhentikan
Foto: Gary Hershorn/Reuters
NEW YORK - Setidaknya dua perusahaan kuat di AS, dalam 24 jam terakhir, memberhentikan ratusan karyawan mereka. Yang pertama adalah perusahaan media yang dikenal cukup kuat, New York Times, sedangkan satunya adalah perusahaan besar yang berjaya di internet, Google.

Sebagaimana diberitakan Reuters, New York Times Co baru saja memberhentikan tak kurang dari 100 orang karyawannya, sekaligus memotong gaji sebesar 5 persen untuk karyawan lain sepanjang tahun ini. Dikatakan juga, manajemen berkemungkinan pula akan memberhentikan pekerja redaksi jika mereka yang bergabung di serikat pekerja tak setuju dengan pemotongan gaji.

Berita ini, yang bersumber dari dua lembar memo yang dipublikasikan eksekutif perusahaan, muncul pada hari yang sama dengan isu di mana saingan mereka, Washington Post, dikabarkan berniat mengambil-alih sejumlah karya mereka (Times Co).

Kedua perusahaan saat ini sebenarnya tenngah mengalami kendala dengan pemasukan iklan. Times, perusahaan induk NYT itu, dikatakan terutama bermasalah dalam hutang-piutang, serta kesulitan dalam biaya pengeluaran pemberitaan yang luar biasa mahal.

NEW YORK - Setidaknya dua perusahaan kuat di AS, dalam 24 jam terakhir, memberhentikan ratusan karyawan mereka. Yang pertama adalah perusahaan media

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News