Pesan Buat Perempuan, Organ Intim Jangan Diapa-apain

Pesan Buat Perempuan, Organ Intim Jangan Diapa-apain
Foto ilustrasi. Sutterstock.com

‎PERAWATAN organ intim memang penting bagi kaum perempuan. Salah satunya dengan menggunakan sabun sirih pada bagian organ intimnya. 
Sudah pasti tujuannya agar tetap bersih dari bakteri dan wangi.

Namun, rupanya menurut dokter ‎spesialis kulit dan kelamin dr. Dewi Inong Irana, perempuan tak perlu menggunakan sabun sirih atau lainnya yang dianggap ampuh membersihkan organ intimnya dari bakteri dan tetap wangi.

"Jangan dikulik. Itu (organ intim, red) sudah membersihkan sendiri, jadi nggak usah diapa-apain," ujar dr. Dewi Inong, Kamis (5/5).

‎Dia menambahkan, yang perlu dilakukan oleh para perempuan untuk menjaga organ intimnya adalah dengan tidak menggukan pentiliner atau pembalut yang berbau wangi. 

"Jangan pakai yang harum, nanti bisa memicu kanker serviks," terangnya.

Jadi, dr. Dewi Inong melanjutkan, kanker serviks itu bukan muncul karena menggunakan tolilet umum dan lainnya. ‎"Bila ada anggapan begitu, maka itu salah," cetusnya.

Selain itu, sambung dia, bila perempuan sudah menikah maka wajib hukumnya melakukan pap smear, untuk mengecek ada tidaknya gangguan pada leher rahim. "Lakukan pap smear tiap setahun sekali,‎" tandas dr. Dewi Inong. (rka/JPG/sam/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News