Jembatan di Kalimantan Lebih WOW Daripada Suramadu

Jembatan di Kalimantan Lebih WOW Daripada Suramadu
Megaproyek jembatan tol Balikpapan-Penajam Paser Utara (PPU). Foto: Kaltim Pos

jpnn.com - BALIKPAPAN- Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) bakal punya pesaing kuat dari Kalimantan Timur. Megaproyek jembatan tol Balikpapan-Penajam Paser Utara (PPU) yang dikerjakan mulai akhir tahun ini punya deretan spesifikasi melebihi Suramadu.

Misalnya panjang jembatan. Jembatan Balikpapan-Penajam memiliki total 6.219 meter. Sedangkan Suramadu 5.438 meter. Bentang panjang juga demikian. Jembatan yang menghubungkan Melawai (Balikpapan) dan Nipahnipah (Penajam) ini memiliki bentang panjang 381 meter. Jembatan Suramadu hanya 180 meter.

Dengan spesifikasi tersebut, kapal milik Pelni yang selama ini sandar di Pelabuhan Semayang diklaim tetap bisa melintas. Demikian juga kapal yang hilir mudik ke Kawasan Industri Kariangau (KIK).

Pasalnya, ketinggian jembatan dari permukaan laut mencapai 50 meter. Ruang bebas selebar 381 meter di antara dua pylon setinggi 140 meter. Karena itu, dua kapal dengan lebar 47 meter bisa melintas secara bersamaan.

Jika Jembatan Suramadu menelan investasi Rp 4,5 triliun, maka Jembatan Balikpapan-Penajam sebesar Rp 5,4 triliun dengan estimasi pembangunan 4-5 tahun. Lebih cepat setahun dari Jembatan Suramadu. Tapi dengan catatan, anggaran deras mengucur. (riz/far/k15/jos/jpnn)

 

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News