Rio Masih Kurang Bayar, Sang Ibu Temui Gubernur Ganjar

Rio Masih Kurang Bayar, Sang Ibu Temui Gubernur Ganjar
Rio Haryanto dan ibundanya, Indah Pennywati. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - SEMARANG - Pembalap Formula 1 kebanggaan nasional Rio Haryanto terancam tak bisa mengikuti balapan selama satu musim penuh. Penyebabnya, pembalap asal Solo itu masih belum membayar kekurangan Rp 150 miliar ke tim Manor Racing yang menaunginya di ajang F1.

Masih adanya kekurangan pembayaran itu membuat ibunda Rio, Indah Pennywati memberanikan diri menemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rabu (4/5). Indah menemui Ganjar di ruang kerjanya untuk menceritakan kendala pembiayaan Rio yang masih kurang Rp 150 miliar.

Total keseluruhan balapan di F1 sampai November 2016 adalah 20 race. Dana yang sudah disetorkan sekarang hanya mampu menutup hingga 10 race.
Manor Racing Team pun memberi tenggat hingga akhir Mei ini bagi Rio untuk melunasi Rp 150 miliar. Jika tidak, debut Rio di F1 terpaksa harus berakhir.

”Malaysia melalui Petronas berinvestasi luar biasa di F1. Kami inginnya Rio juga bisa jadi icon nasional karena F1 adalah event internasional,” kata Indah.

Ia menjelaskan, keluarga Rio sudah keliling ke sejumlah pihak. Di antaranya, menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri BUMN Rini Soemarno dan pihak lainnya.

Pertamina sejauh ini sudah membantu Euro 5 juta. Sedangkan Kemenpora yang sebelumnya juga ingin membantu, ternyata terkendala administrasi di Kementerian Keuangan.

Di sisi lain sejumlah perusahaan besar di Jateng juga belum bersedia membantu. Karenanya Indah menemui Ganjar untuk menyampaikan persoalan yang ada.

”Kami ingin ada dukungan dari Pak Gubenur untuk menjembatani. Rio kan warga Jateng, dan kami sedang dalam mohon dukungan untuk Rio. Karena Rio selama ini hanya baru ada setengah dari biaya keseluruhan yang kami dapatkan,” ungkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News