Menikah Ternyata bisa Bantu Pasien Kanker, Nih Penjelasannya

Menikah Ternyata bisa Bantu Pasien Kanker, Nih Penjelasannya
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

Sudah lama diketahui bahwa orang yang menikah, terutama laki-laki, lebih mungkin untuk bertahan hidup dari kanker. Dibanding pria single lainnya. Tapi tidak ada yang tahu persis mengapa.

Kini, sebuah studi baru menemukan bahwa hal itu mungkin sebagian besar diakibatkan oleh adanya dukungan sosial dari pasangan mereka.

" Tidak berarti bahwa mereka yang single tidak hidup lebih lama," kata penulis utama studi tersebut, Scarlett Lin Gomez, seperti dilansir laman Today.

Ini disampaikan setelah para peneliti meneliti catatan medis dari 785.167 pasien kanker California, 386.607 di antaranya telah meninggal. Catatan itu menunjukkan, dibandingkan dengan laki-laki penderita kanker, pria single dengan kanker adalah 27 persen lebih mungkin meninggal selama masa tindak lanjut. Kemudian, dibandingkan dengan wanita menikah, wanita single dengan kanker adalah 19 persen lebih mungkin meninggal.

Ketika para peneliti memperhitungkan status ekonomi dan asuransi dalam perhitungan mereka, ditemukan bahwa pria dan wanita yang sudah menikah masih melakukan lebih baik daripada mereka yang single.

" Saya tidak mengatakan bahwa Anda harus segera menikah.Tapi jika Anda tidak menikah Anda harus memanfaatkan jaringan sosial Anda," kata Gomez.

Pria lajang yang didiagnosis dengan kanker adalah 22 persen lebih mungkin meninggal dan wanita lajang 15 persen lebih mungkin meninggal daripada rekan-rekan yang telah menikah.  Yang membuat perbedaan adalah adanya dukungan sosial yang pasien dapatkan dari pasangan mereka.

" Dokter harus belajar tentang hubungan sosial pasien mereka dan mendesak orang-orang yang belum menikah untuk menjangkau teman-teman dan keluarga untuk bantuan fisik dan emosional dalam menghadapi kanker," pungkas Gomez.(fny//flo/jpnn)
 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News