Bandara Kualanamu Bakal Tambah Terminal Haji dan Umrah

Bandara Kualanamu Bakal Tambah Terminal Haji dan Umrah
Ilustrasi. Foto dok Indopos

jpnn.com - DELI SERDANG - Bandara Kualanamu rencananya akan ditingkatkan fungsinya, sebagai bandara haji dan umrah. Itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta, yang sudah semakin sumpek. Selain itu, nantinya masyarakat Sumatera yang ingin menunaikan ibadah umrah dan haji bisa melalui Bandara Kualanamu.

"Kualanamu subhub Sumatera, jadi semua penerbangan yang ada di Sumatera ini akan kami pusatkan di Kualanamu untuk ke luar negeri, yang paling utama adalah umrah," ujar Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Jumat (6/5) kemarin.

Upaya ini juga dinilai lebih efisien karena bisa menghemat waktu dan tidak perlu bolak-balik.

"Jadi fasilitas yang begitu besar bisa digunakan secara baik dan efisien. Kalau ke Jakarta dulu kan ke selatan dulu, terus ke utara lagi, paling nggak buang waktu 2 jam ke Jakarta," jelas Budi.

Nantinya, Budi akan mengajak beberapa maskapai untuk mendukung rencananya itu. "Nanti akan mengajak semua airlines baik Garuda, Sriwijaya, dan Lion untuk mengaktifkan fungsi ini, secara teoritis dari Medan ke Pekanbaru nggak perlu ke Jakarta supaya Sumut jadi pusat kegiatan ekonomi," tandas Budi. (chi/jpnn)


DELI SERDANG - Bandara Kualanamu rencananya akan ditingkatkan fungsinya, sebagai bandara haji dan umrah. Itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News