Ceritera Zulkifli Saat Diajari Membatik, Ternyata...

Ceritera Zulkifli Saat Diajari Membatik, Ternyata...
Ketua MPR Zulkifli Hasan (berdiri dengan kemeja biru) saat mengunjungi Kampung Batik Wiradesa di Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (8/5). FOTO: Humas MPR RI for JPNN.Com

jpnn.com - PEKALONGAN - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ternyata seorang penggemar batik. Lemarinya penuh dengan batik. Batik-batik itu dibelikan oleh sang istri.

“Batik dari Pekalongan bagus-bagus dan kaya warna,” ungkapZulkifli saat mengunjungi Kampung Batik Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (8/5).

Dalam kesempatan itu, Zulkifli mengatakan batik sudah dihargai dunia melalui Unesco. Penghargaan tersebut menunjukkan bahwa batik merupakan karya yang luar biasa. Karena itu, dia mengajak warga untuk melestarikan batik.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional ini mengaku pernah membuat desain batik dan mengembangkan batik tulis. Batik tulis disebut sebagai usaha yang melibatkan banyak orang.

Dia mengaku pernah diajari membatik namun tangannya gemetar. Dari pengalaman itu membuat dirinya berkesimpulan bahwa membatik adalah pekerjaan tak gampang. Untuk itu, dia menyarankan kepada pembeli batik tak perlu menawar sebab susah membuatnya.

Ia juga mengungkapkan, saat menjabat Menteri Kehutanan, dirinya mendukung batik tulis agar berkembang di seluruh Indonesia. Selain itu, dirinya melarang monopoli bahan baku pembuat batik gondorukem.

“Kita adalah ekonomi Pancasila,” ujarnya.

Ia mengharap agar pengrajin batik tak berdiri sendiri namun harus bersatu dalam organisasi. Dengan beroganisasi maka mereka akan kuat dalam memperjuangkan usahanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News