Lihat Unas di SMPN 114 Jakut, Menteri Anies Puji Para Guru

Lihat Unas di SMPN 114 Jakut, Menteri Anies Puji Para Guru
Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - J‎AKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memuji seluruh guru SMPN 114 Jakarta Utara. Sebab, para guru di SMP itu justru sibuk menyiapkan ujian nasional (Unas) di saat yang lain menikmati liburan.

Anies mengatakan, Unas 2016 di SMPN 114 Jakut memang tidak menggunakan komputer. "Sejak pagi-pagi buta, semua sudah sibuk mendistribusikan materi dan lembar jawabannya," ujar Anies saat meninjau pelaksanaan Unas di SMPN 114 Jakarta Utara, Senin (9/5).

 Dia juga meminta para guru dan pengawas mengingatkan siswa untuk menjalani Unas dengan penuh rasa percaya diri dan kejujuran. Sebab, Unas bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa dan memetakannya.

Menurutnya, tujuan itu akan sulit tercapai jika proses ujiannya tidak dijalankan secara jujur. Karena itu ia berpesan kepada guru dan pengawas untuk mengingatkan peserta UN agar mengerjakan ujian dengan jujur.

"Sampaikan kepada anak-anak kita untuk percaya diri, percaya kepada diri sendiri. Percayalah pada jawaban yang dibuat sendiri daripada 'alfabet yang diberi nomor' hasil buatan orang lain," ujar Mendikbud.

Selain itu, ia juga berpesan agar guru dan pengawas tertib mengikuti aturan yang tercantum dalam Prosedur Operasional Standar (POS) UN. Di SMPN 114 terdapat siswa berkebutuhan khusus yang mengikuti Unas, yakni Rizky Amalia Putri (17), penyandang tuna netra.

Anies pun sempat berdialog dengan Rizky untuk menyemangatinya menghadapi Unas hari pertama.(esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News