3 Pelabuhan Penyeberangan dan 6 Pelabuhan Laut Penghubung di NTT Diresmikan

3 Pelabuhan Penyeberangan dan 6 Pelabuhan Laut Penghubung di NTT Diresmikan
Menteri Perhubungan. Foto dok JPNN

jpnn.com - ATAMBUA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan secara serentak tiga pelabuhan penyeberangan dan enam pelabuhan laut penghubung di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (8/5) di Pelabuhan Atapupu, NTT.

Ketiga pelabuhan penyeberangan itu, yakni Pelabuhan Kewapante, Pelabuhan Pamana, dan Pelabuhan Seba. Sedangkan enam pelabuhan laut yaitu Pelabuhan Atapupu, Ba'a, Papela, Reo, Pota, dan Larantuka.

Jonan mengatakan peresmian pelabuhan laut ini bagian dari 35 pelabuhan yang sudah selesai pembangunannya sesuai target 2015.

"Sebanyak 33 pelabuhan di antaranya berada di timur Indonesia, hanya dua yang berada di wilayah barat, pelabuhan Barus di Sumatera Utara dan Pelabuhan Sukadana di Kalimantan Selatan," kata Jonan dalam siaran persnya, Senin (9/5).

Sementara untuk pelabuhan penyeberangan, Jonan mengatakan banyak tersebar di Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat. "Dalam waktu dekat banyak juga pelabuhan penyeberangan yang akan diresmikan," imbuh Jonan.

Ke depan, lanjutnya, fokus angkutan laut lebih kepada angkutan barang, sedangkan untuk penumpang melalui angkutan udara. "Maka pemerintah berkomitmen untuk memperpanjang runway di berbagai bandara di daerah, termasuk di Atambua ini agar minimal bisa didarati pesawat Boeing 737 seri klasik," tandasnya. (chi/jpnn)


ATAMBUA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan secara serentak tiga pelabuhan penyeberangan dan enam pelabuhan laut penghubung di Provinsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News