Mendagri Ingatkan Pentingnya Forkompimda

Mendagri Ingatkan Pentingnya Forkompimda
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - PURWAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berpesan agar kepala daerah selalu berkoordinasi dengan DPRD dalam setiap pengambilan keputusan politik. 

Menurut dia, pimpinan daerah memang diketuai kepala daerah. Namun di dalamnya ada unsur DPRD di dalamnya.

"Jangan lupakan juga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda). Stabilitas ini menjadi kata kunci suksesnya pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat," kata Mendagri Tjahjo membuka acara Rembug nasional Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) di Rumah Dinas Bupati Purwakarta, Senin (9/5). 

Sebanyak 600-an perwakilan pimpinan dewan tingkat kabupaten hadir di sana.

Dengan membangun komunikasi tersebut, kata dia akan tercipta stabilitas. Hal ini dinilai menjadi kunci suksesnya pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Dia juga berpesan para pimpinan dewan untuk lebih mengoptimalkan fungsi pelayanan masyarakat.

Dalam rembug nasional ini, Tjahjo meminta agar para anggota dewan ini melepaskan baju partai mereka masing-masing dalam rangka mempercepat pembangunan dan mensejahterakan masyarakat, salah satunya memberikan sesuatu yang menjadi hak masyarakat.

“Ke depannya forum seperti ini kalau bisa turut juga mengundang para pakar, serta kepala daerah seperti bupati/walikota dan gubernur supaya ada juga masukan buat mereka,” ujar dia.

PURWAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berpesan agar kepala daerah selalu berkoordinasi dengan DPRD dalam setiap pengambilan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News