Wihhh... Ada Kacamata Plus Jam Tangan Canggih untuk Nyontek

Wihhh... Ada Kacamata Plus Jam Tangan Canggih untuk Nyontek
Wihhh... Ada Kacamata Plus Jam Tangan Canggih untuk Nyontek

jpnn.com - BANGKOK – Bagi sebagian orang, menyontek adalah bagian dari seni. Selain seni menyontek harus dilakukan dengan usaha yang kreatif agar tidak ketahuan. Pikiran itulah yang, tampaknya, juga merasuki tiga mahasiswa kedokteran Universitas Rangsit, Bangkok. 

Saat ujian, mereka menggunakan alat-alat canggih layaknya di film Mission Impossible untuk berbuat curang. Boleh dikata, itu menyontek yang niat banget.

Tetapi, aksi mereka ketahuan. Rektor Arthit Ourairat pada Minggu lalu (8/5) mengunggah foto alat-alat yang digunakan tiga mahasiswa tersebut di halaman Facebook miliknya. 

Yakni, kacamata yang memiliki kamera wireless di bagian frame-nya dan jam tangan yang bisa menerima pesan teks.

Cara kerjanya, kamera di kaca mata memotret soal ujian. Hasilnya langsung terkirim ke joki di luar ruangan. Si joki mengerjakan soal-soal tersebut dan mengirimkan jawabannya ke jam tangan pintar yang dipakai tiga mahasiswa tersebut. 

“Mereka melakukan kecurangan ini secara real-time,” tulis Arthit. Mungkin mereka mantan mata-mata yang ingin menjadi dokter.

Gara-gara kejadian itu, ujian masuk ke Universitas Rangsit ditunda hingga kasus tersebut terselesaikan. 

Pihak universitas takut calon mahasiswa baru nanti menggunakan metode serupa. Arthit juga menegaskan bahwa dirinya mengunggah kasus kecurangan di kampusnya itu agar orang-orang lebih waspada. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News